Menganalisa Promo XL Bebas Rp. 0,1/detik untuk Jakarta

Tanggal 18 Januari 2008 – 30 April 2008 XL mengadakan promo Rp. 0,1/detik.
Peperangan harga diantara operator GSM semakin menjadi-jadi, sayangnya para operator kerap menggunakan iklan-iklan yang dapat membuat masyarakat salah kira.
Saya membahas XL Bebas karena saya sendiri mantan pengguna XL Bebas dan banyak orang-orang yang dekat dengan saya menggunakannya, sehingga membuat saya tertarik untuk mengetahui biaya sebenarnya dari penggunaan kartu XL Bebas.

XL membuat promo Rp. 0,1/detik dengan tambahan bahwa promo ini hanya berlaku pada “menit tertentu”, dan detail mengenai hal ini dapat dilihat pada website XL.
Promo Rp 0.1/detik XL Bebas (Jakarta)

Gambar diatas diambil dari website XL, mengenai promo di Jakarta dan kota-kota lain (bisa lihat sendiri pada gambar).
Dengan bantuan Microsoft Excel (yang tentu saja produk Microsoft bukan Excelcomindo, walaupun namanya mirip :p – juga bukan produk hasil kerjasama Microsoft & Excelcomindo he3)

Perhitungan Biaya dalam Promo XL Bebas Rp 0,1/detik

Kesimpulan:

Dapat dilihat bahwa penggunaan kepada sesama XL jauh lebih murah dibandingkan menelpon ke operator lain.
Bila berencana menelepon sesama XL selama 1 Jam, lebih baik dilakukan 2 x 30 menit dibandingkan langsung 60 menit. Tetapi bila hanya <55 menit lebih baik langsung tanpa dibagi per 30 menit.

Menelepon ke operator lain tetap mahal dengan 20rb untuk 30 menit, tarif 25/detik masih terasa mahal sekali dibandingkan dengan tarif sesama XL.

NB: Perhitungan diatas tidak terjamin keakuratannya, silahkan coba hitung sendiri :). Saya tidak ‘affiliate’ dengan Excelcomindo ataupun Microsoft :p, dan semua informasi pada artikel ini dapat digunakan dengan tanggung jawab masing masing (masa tanggung jawabnya ke orang laen he3)

31 comments

  1. wakakak…bangke XL. nipu bgt. sial kirain 0,1 beneran ga pake syarat. taunya terselubung. ditotal-total jauhnya mahal juga

  2. asli ngakak
    bener jg perhitungan diatas
    gw telp 7 menit abis 6rb lebih dari bebas ke m3
    murah dari hongkong
    walaupun begitu emang masih lebih murah daripada telp beda operator pake gsm laennya

  3. wah harga di jakarta beda ya sama harga di kalimantan kalau di kalimantan berlaku mulai detik ke 31 sampai panggilan berakhir pada jam tak sibuk dan berlaku mulai detik ke 151 pada jam sibuk jadi lebih murah di kalimantan dong.

  4. @Tommy&Daniel : Smart mania dasar.. ;)

    @Dindin : semua operator GSM ga jauh beda kok :p kita lihat mentari 1 menit gratis ini ada udang dibelakangnya gak ya..

    @Supiani : Gak ngerti nih knapa XL suka ngasih harga/aturan beda-beda tiap daerah, bikin ribet aja.. padahal iklan di tv kan nasional..

  5. buat ngobrol saya masih prefer pakai operator biu CDMA, masih jauh lebih murah dan ngga ribet perhitungannya, kekurangannya yg bikin jengkel adalah kadang suka call drop :(

  6. yang bikin iklan XL jago juga..
    pertama dia gembor2rin jargon

    “XL bebas tanpa syarat apapun”

    biar setiap kita liat Xl yg ke inget bebas tanpa syarat

    trus lama2 dia ngeluarin prmosi jor2an, kali ini dengan syarat “apapun”, padahal masih terngiang di kepala kita, kalo xl bebas tanpa syarat,… padahal isinya syarat semua… wakkakaka…

    untung baca blog loe jim, gw udah sempet mau ganti kartu, fiuuuuuuuuuuuh :D

  7. Wah, kebanyakn bokis nih..
    Mungkin nama nya juga strategi marketing kalee yah, cuma tetep aja namanya ngeboongin publik dunk dengan pake motto “Bebas Tanpa Syarat”…
    Terlebih lagi Mentari, dengan Rp. 0,-

    Kira2 ada tanggapan dari YLKI gak yah-hue3x

  8. “orang bijak taat pajak, awasi penggunaannya..!!!”
    weleh koq ga nyambung nyok??!!
    nggak juga loh, kalimat di atas tuh juga sama TIDAK TRANSPARAN-nya, BANGEEETT…!!!

    tadinya tuh aku juga hampir kepincut tapi emang ga ditulis syaratnya sih, makanya aku tanya terus ke semua orang…

    buat seluruh konsumen indonesia, memang benarlah anjuran untuk baca “etiket/label pada kemasan” karena semua operator di indonesia ya mulus diluar di dalam kulit durian..

    kalau aku sih pilih pake produk bangsa ndiri aja, meski juga memperkaya penjajah penduduk sekitar lapindo, mau gimana lagi..
    yang penting KURANGi pake product MALAYSIA-xl, siNGAPURA-iNDOSAT+telkomsel.
    pake produk mereka sama aja njajah tanah air kita ndiri…
    ORANG PEMERINTAH/REGULATOR kita emang BAGONG alias BEGO.. masa’ nglego UUD pasal dan ayat ‘untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat’

    Yang setuju siap-siap bergeming… BOIKOT !!!

  9. (*) puyeng ni we…….peda mikirin Tarif…..
    Menurut Gwe komunikasikan penting bwat kite2… semua itu hal biasa jangan di buat pusing lah, mau MURAH….. caranya?
    *>Pake
    Esia = Buat Selingkuhan…Tatif Rp 1000 perjam
    smpe mulut lo berbusa & Telinga lo Tuli
    M3 = Buat kangrn2an, sMs san bitu lo Sampe
    jarilo pade KRITING kN tariF cuman
    Rp100 per SMS dapet bonus juga lagi
    he he he …..10.000 kali

    *.lo pake dua operato itu PASTI dijamin “UNTUNG”………

  10. Buat sms tetep lebih asik pake XL Bebas + Voucher XTra :D
    100 sms gratis/hari (tentu aja ke sesama XL)..
    Cuma kerugiannya voucher rp 100ribu cuma dapet amsa aktif 30 hari.
    Sms ampe gila deh ama cewe u :p

  11. dulu aq pake jempol emang telp nya mahal, tp sms nya murah n sinyal jg g putus2…
    krng aq migrasi ke bebas, mang murah sech telpnya n smsnya jg gratis , tp sinyal kok ilang terus….
    dah gitu yg paling nyebelin tiap telp n udah 1 jam…tiba2 terputus, xl g mau rugi kalie ya…
    makanya tiap 1 jam nelpon langsung diputus…
    kalo g gitu bangkrut dunk kalo g diputus, he…he…
    mbok y kalo murah tuh, fasilitasnya jgn dikurangi, trutama sinyal itu loh
    katanya xl tuh bening??bening tp kok ilang…

  12. Huu..Katanya tanpa syarat apapun….katanya ke-semua operator di seluruh indonesia…………..
    Sampai2 cowok yg di iklan itu sdh kawin ama monyet… ;) haaa.. XL sama monyet sama aja nga daa beda nya ….haaaa…..

  13. untung gue baca ini. padahal gue udah niat banget ntar kalo udah gajian pengen beli xl bebas, eh tau kayak gini ya udah ga jadi deh beli xl bebasnya. mending buat ngisi voucher nomer gue sendiri.2 thumbs down for xl bebas

  14. Jadi kalau ada iklan yg menarik cenderung menawarkan gratis harap hati2. Contohnya kredit elektronik 0% dg kartu kredit x, atau seminar gratis. Banyak2lah baca koran/majalah bisnis hal2 tsb diulas semua.

  15. Ternyata xl emang pinter yach. strategi bisnis yang seperti ini membuat orang yang bahkan ahli di bidang bisnis bisa ketipu. klo menurutku, klo mau boong lebih baik terang-terangan, biar g dibenci orang.

  16. xl bebas emang boong bgd…
    masa tlp ke sesama operator mahal bgd
    padahal klo tlp dari operator lain ke xl bebas murah bgd qow

  17. saya mau tanya, saya dulu punya nomor Pro-xl dgn nomor 08179106496 masih bisa diaktifkan lagi tidak? trima kasih atas informasinya

  18. aduh gimana sich xl,gara2 promo tarif murahnya jadi sulit banget dipake nelpon dan sms, apalagi kalo sabtu minggu teleponnya tulalit terus ga bisa dipake, mendingan kaya biasa aja tapi bisa di gunain, abiz tarif murahnya juga cuma ngejebak aja……….

  19. kalo maw lbh murah ga usah nelpon tp lewat telepati aja, wong semua operator kan modal dulu-an jd wajar aja kalo mahal yg penting kita yg harus bisa pandai2 manfaatkan waktu telp …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WP-SpamFree by Pole Position Marketing